Beliau adalah Imam yang mulia Abul
Fida' 'Imaduddin Isma'il bin 'Umar bin Katsir al-Qurasyi al-Bushrawi
yang berasal dari kota Bashrah, kemudian menetap, belajar dan
mengajar di Damaskus.
Dilahirkan di Mijdal, sebuah tempat di
kota Bashrah pada tahun 701 H (1302 M).
Ayah beliau adalah seorang khatib di
kota itu. Ayahnya meninggal ketika beliau baru berusia empat tahun.
Kemudian beliau diasuh oleh kakaknya, Syaikh 'Abdul Wahhab dan dialah
yang mendidik beliau di usia dininya. Kemudian beliau pindah ke
Damaskus, negeri Syam yang dijaga pada tahun 706 H, ketika beliau
berusia lima tahun.
GURU-GURU BELIAU
Beliau belajar kepada Syaikh
Burhanuddin Ibrahim bin 'Abdirrahman al-Fazari yang terkenal dengan
nama Ibnul Farkah yang wafat pada tahun 729 H. Di Damaskus, beliau
pun belajar kepada 'Isa bin al-Muth'im, Ahmad bin Abi Thalib,
terkenal dengan nama Ibnusy Syahnah yang wafat pada tahun 730 H, Ibnu
Hajjar yang wafat pada tahun 730 H, Baha-uddin al-Qasim bin Muzhaffar
Ibnu 'Asakir, muhaddits negeri Syam yang wafat pada tahun 723 H, Ibnu
asy-Syirazi, Ishaq bin Yahya al-Amidi 'Afifuddin-ulama Zhahiriyyah-
yang wafat pada tahun 725 H, Muhammad Ibnu Zarrad, menyertai Syaikh
Jamaluddin Yusuf bin az-Zaki al-Mizzi yang wafat pada tahun 742 H,
beliau mendapat banyak faedah dan menimba ilmu darinya dan akhirnya
beliau menikahi puterinya. Beliau juga belajar dari Syaikhul Islam
Taqiyyuddin Ahmad bin 'Abdil Halim bin 'Abdis Salam bin Taimiyyah
yang wafat pada tahun 728 H, sebagaimana beliau menimba ilmu dari
Syaikh al-Hafizh, seorang ahli tarikh (sejarah), Syamsuddin Muhammad
bin Ahmad bin 'Utsman bin Qayimaz adz-Dzahabi yang wafat pada tahun
748 H. Dan ulama Mesir yang memberi beliau ijazah adalah Abu Musa
al-Qarafi, Abul Fat-h ad-Dabbusi, 'Ali bin 'Umar as-Sawani dan
lain-lain.
Al-Hafizh adz-Dzahabi berkata tentang
al-Hafizh Ibnu Katsir dalam al-Mu'jam al-Mukhtashsh : “Beliau
adalah seorang imam lagi pemberi fatwa, muhaddits yang pakar,, faqih
(ahli fiqih) yang berwawasan luas, mufassir (ahli tafsir) dan
memiliki banyak tulisan yang bermanfaat.”
Al-Hafizh Ibnu Hajar al-'Asqalani
berkata dalam ad-Durar al-Kaaminah : “Beliau selalu menyibukkan
diri dengan hadits, menelaah matan dan rijal hadits. Beliau adalah
orang yang memiliki hafalan yang banyak, kecerdasannya bagus,
memiliki banyak karya tulis semasa hidupnya dan telah memberikan
manfaat yang sangat banyak kepada orang-orang ssepeninggal beliau.”
Ahli sejarah yang terkenal dengan nama
Abdul Mahasin Jamaluddin Yusuf Ibnu Saifuddin yang terkenal dengan
nama Ibnu Taghri Bardi berkata dalam kitabnya al-Manhalush Shaafii
wal Mustaufa ba'dal Waafi), “Beliau adalah asy-Syaikh al-Imam
al-'Allamah 'Imaduddin Abul Fida', ulama yang banyak berkarya, terus
bekerja, meraup ilmu dan menulis, pakar dalam bidang fiqih, tafsir
dan hadits. Beliau mengumpulkan, mengarang, mengajar, menyampaikan
hadits dan menulis. Beliau memiliki penelaahan yang luas dalam ilmu
hadits, tafsir, fiqih, bahasa Arab dan ilmu-ilmu lainnya. Beliau
mengeluarkan fatwa dan mengajar hingga beliau wafat, semoga Allah
merahmati beliau. Beliau dikenal sebagai ulama yang memiliki hafalan
yang kuat dan tulisan yang bagus. Ia telah mencapai puncak dalam ilmu
sejarah, hadits dan tafsir.
MURID-MURID BELIAU
Murid-murid beliau sangatlah banyak,
diantaranya adalah Ibnu Haji. Disebutkan tentangnya bahwa ia adalah
seorang yang memiliki hafalan paling kuat terhadap matan-matan hadits
yang pernah kami dapati. Paling tahu tentang cacat-cacat hadits,
perawi-perawinya, shahih dan dha'ifnya, dan rekan-rekan serta
guru-gurunya mengakui hal tersebut. Sejauh ini, setiap kali saya
bertemu dengannya pasti saya memperoleh faedah darinya.
Ibnu 'Imad al-Hanbali berkata dalam
kitabnya yang berjudul Syadzaraatudz Dzahab fii Akhbaari Man Dzahab :
“Beliau adalah al-Hafizh al-Kabir 'Imaduddin, haalannya banyak dan
jarang lupa, pemahamannya baik, ilmu bahasa Arabnya tinggi.” Ibnu
Habib berkata tentangnya, “Ia mendengar riwayat, mengumpulkan,
menulis, mengeluarkan fatwa, menyampaikan hadits, memberi banyak
faedah, dan lembaran-lembaran fatwanya tersebar ke berbagai negeri.
Ia dikenal dengan kekuatan hafalan dan keelokan karangannya.”
TULISAN-TULISAN BELIAU
Tulisan beliau sangatlah banyak,
diantaranya :
-
Termasuk tulisan beliau yang terbesar adalah kitab tafsir al-Qur-an. Kitab ini adalah sebaik-baik kitab tafsir dengan riwayat, telah diterbitkan berulang kali dan telah diringkas oleh banyak ulama.
-
Kitab sejarah yang dinamakan al-Bidaayah, terdiri dari 14 jilid, dengan judul al-Bidaayah wan Nihaayah. Di dalamnya disebutkan tentang kisah-kisah para Nabi dan umat-umat terdahulu, sirah Nabawiyyah, sejarah Islam hinggga zamannya, ditambah dengan pembahasan tetnang fitnah dan tanda-tanda hari Kiamat serta keadaan pada hari Akhir dan al-Malaahim (pertumpahan darah). Dan telah ditahqiq oleh banyak ulama.
-
At-Takmiil fii Ma'rifatits Tsiqaat wadh Dhu'afaa' wal Majaahil. Di dalamnya terangkum dua kitab dari tulisan guru beliau, yaitu al-Mizzi dan adz-Dzahabi (Tahdziibul Kamaal fii Asmaa-ir Rijaal) dan (Miizaanul I'tidaal fii Naqdir Rijaal) dengan disertai beberapa tambahan yang bermanfaat dalam masalah al-jarh wat ta'diil.
-
Al-Hadyu was Sunan fii Ahaadiitsil Masaaniid was Sunan yang dikenal dengan nama (Jaami' al-Masaaniid). Di dalamnya terangkum Musnad al -Imam Ahmad bin Hanbal, al-Bazzar, Abu Ya'la al-Mushili, Ibnu Abi Syaibah, beserta Kutubus Sittah, yaitu Shahiih al-Bukhari dan Shahiih Muslim serta kitab Sunan yang empat. Beliau menyusunnya berdasarkan bab-bab fiqih, dan baru-baru ini telah dicetak beberapa juz darinya.
-
Thabaqaat asy-Syafi'iyyah dengan ukuran sedang disertai biografi Imam asy-Syafi'i.
-
Beliau mentakhrij hadits-hadits yang digunakan sebagai dalil dalam kitab at-Tanbiih fii Fiqh asy-Syafi'iyyah.
-
Beliau memulai penulisan syarah Shahiih al-Bukhari dan belum sempat menyelesaikannya.
-
Beliau memulai penulisan kitab besar dalam masalah-masalah hukum namun belum sempat menyelesaikannya, dan tulisan beliau ini sudah sampai pada kitab Haji.
-
Ringkasan kitab al-Madkhal, karya al-Baihaqi dan sebagian besar belum diterbitkan.
-
Beliau meringkas kitab 'Uluumul Hadiits karya Abu 'Amr bin ash-Shalah, yang beliau beri judul (Mukhtashar 'Uluumil Hadiits) yang dicetak oleh Syaikh Ahmad Muhammad Syakir, seorang ahli hadits dari Mesir disertai penjelasan dari beliau dan diberi judul al-Baa'itsul Hatsiits fii Syarh Mukhtashar 'Uluumil Hadiits, dan telah dicetak beberapa kali.
-
As-Siirah an-Nabawiyyah yang panjang (bagian dari kitab al-Bidaayah) dan ringkasannya, keduanya diterbitkan dalam cetakan yang berbeda.
-
Risalah dalam masalah jihad yang diberi judul al-Ijtihaad fii Thalabil Jihaad, dan telah dicetak berulang kali.
WAFAT BELIAU
Al-Hafizh Ibnu Hajar al-'Asqalani
berkata, “Beliau kehilangan penglihatan di akhir hayatnya dan wafat
di Damaskus, negeri Syam yang terjaga pada tahun 774 H/1373 M. Semoga
Allah mencurahkan rahmat seluas-luasnya kepada beliau dan menempatkan
beliau di Surga-Nya yang luas.
Ditulis
oleh Fadhilatusy Syaikh 'Abdul Qadir al-Arna-uth
Sumber: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1 halaman 11-15, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer